Selasa, 25 Mei 2010

Sistem operasi saat ini

System operasi adalah perangkat lunak system yang bertugas untukmelakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
System operasi yang digunakan dalam computer terbagi menjadi 3 besar yaitu
Keluarga Microsoft windows yang antara lain terdiri dari windows desktop environment (versi 1.x hingga versi 3.x), windows 9x (windows 95, 98, dan windows ME), dan windowa NT (windows NT 3.x, Windows NT 4.0, windows 2000, windows XP, windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan windows orient yang akan dirilis pada tahun 2014).)
Keluarga unix yang menggunakan antar muka system operasi POSIX, sepeti SCO UNIX, Keluarga BSD ( Barkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dab GNU/Hurd.
Mac OS, adalah system operasi keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Dan versi terakhir yaitu varsi 10.5 (Leopard).

Dari ketiga system operasi computer yang paling banyak digunakan oleh massyarakat pada umumnya adalah Microsoft Windows. Tetapi system operasi windows ini tidak gratis dan tidak dapat merubah data base dari system operasi ini. Terkecuali izin dari Microsoft Windowa sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar